20100916

Lebaran di "Teluk Kiluan" a hidden paradise...

Sebelumnya ane mo ngucapin

Dan ini masih sekitar cerita lebaran kemarin, lebaran kali ini ane ga sempat mudik ke kampung halaman nan jauh di mato seperti biasanya, tapi kali ini ane mudik ke Lampung tepatnya ke teluk kiluan yang terkenal dengan teluk lumba-lumbanya. Jadi ane lebaran bersama lumba-lumba cuiii..^^

Teluk Kiluan a.k.a Dolphins Bay, ini adalah target next trip kita udh dr beberapa bulan yang lalu. Dikarenakan medannya yg agak2 mengkhawatirkan dan fasilitas di sana yg msh sangat amat minim, maka diperlukan persiapan khusus buat trip Kiluan kali ini.

Perjalanan ke Kiluan berawal di H-1 lebaran dgn pertemuan di Mangga Dua. Tadinya ane udah ngundurin diri dari trip ini dikarenakan satu dan lain hal, jadi niat ane ke Mangga Dua hanya mo nemuin dan sungkem ma Nyi Blorong yg udh datang jauh-jauh dari Medan dan si bundo kanduang yg terbang khusus dr Padang demi ketemu ma lumba-lumba. Tapi lagi-lagi dan lagi, tekad ane yg tadinya udh bulat jd tinggal seperempat gara2 kena semprot aji-ajian Nyi Blorong dan wanti-wanti ma kutukan dr si bundo tiri, akhirnya saia memutuskan ikut jg dlm long trip kali ini (maafkan anakmu ini ibuuu...)

Di Mangga Dua, dah ngumpul Nyi Blorong klompencapir dari Medan, Bundo dari Ranah Minang, Palti dr Bandung dan B'Hilton dan Erik dr Jakarta. Kemudian ada jg yg bernasib sama ky gw, si Adi anggota yg dcaplok di tempat, dipaksa ikut, dan akhirnya harus belanja perlengkapan seadanya di Mangga Dua, wuakakaka...

Dari Mangga Dua kita mencar buat prepare, kemudian selanjutnya bertemu kembali di terminal Kp.Rambutan utk keberangkatan ke Lampung. Gw telat nyampe d Kp.Rambutannya, hehehe..., yg laen dah pada ngumpul, maklumlah kosan gw kan jauhh, mana ujan trz kejebak macet pula iring2an takbiran dr Cililitan ampe Kramat Jati. Di Rambutan ktemu lagi ma K'Tetty dan Sebina. Jadi kita ber-9 berangkat dr Jakarta.

Perjalanan dimulai jam 21.00 dr Rambutan mpe Merak lancar bahkan termasuk sepi. Sampai di Merak juga gda lonjakan pemudik waktu nyebrang naik ferry ke Bakauheni.

Dari Bakauheni lanjut lagi naik bus ke Bandar Lampung. Alhamdulilah dpt bus AC. Tapi naujubilah ma supirnya bawa busnya udh kaya mo terbang. Puji Tuhan sampai dengan selamat di Bandar Lampung tanpa kekurangan suatu apa pun. Tiba di Bandar Lampung subuh kira2 jam 4an ane lupa.

Trip kali ini yg jadi tuan rumahnya B'Ariel Peterpan, jd sbelum berangkat ke Kiluan, kita di drop dl di rumahnya babang Ariel (Thanks to Ariel Family...)

Siangnya jg masih sempat berlebaran ke rumah sodaranya Terry di Way Halim dan terjadilah tragedi aib si toples kacang, kalo inget ini #ngakakgila gw, (biarlah hanya kami dan Tuhan yg tau) wuakakaka...

and, the journey is started !!

Tepatnya jam 14.00 trip ke Kiluan di mulai. Awalnya cm pake 1 mobil Carry dengan jumlah pasukan tempur di dalamnya 14 orang. Bisa dibayangkan isinya udah kayak apa ditambah bodypack punya 14 org yg segede gambreng. Alhasil belum ada 5 menit perjalanan dan syukurnya masih di daerah Sukarame, ban mobilnya pun kempes langsung ban muka ma belakang, haghaghag...

Setelah tertunda 1jam utk nambal tuh ban mobil, dan akhirnya demi keslamatan dan kelancaran perjalanan maka diputuskan utk menggunakan 2 mobil. Dan perjalanan panjang ke Teluk Kiluan pun dimulai.

Ternyata oh ternyata Teluk Kiluan ntu surga yg tersembunyi. Biasanya menuju surga itu tidak mudah, selalu ada rintangan yang harus dilalui :p Teluk Kiluan itu bener2 jauh gila. Memakan waktu 5 jam.an perjalanan. Ternyata Tuhan itu maha adil, kalo Dia “menyembunyikan” surga teluk kiluan, dia pasti menciptakan neraka di sana… Perjalanannya menuju teluk kiluan, maha, sangat, super “berkesan”…. Mulai dr jalan licin beraspal mpe jalan sempit tanah bebatuan yg di kiri jalan bukit tandus yg siap longsor kalau hujan dan di kanannya jurang dalam yg ga kelihatan dasarnya. Belum cukup sampai di situ, kami harus berjalan kaki turun ke perkampungannya, karena medan yg sangat mengerikan utk dilalui mobil. Setelah sampai di Kiluannya, harus nyebrang lagi ke pulau karena kami nyewa penginapan yg di pulau Kiluannya.

Dan akhirnya, Thanks God.. sampai jg di pulau. Tapi karena udah malam jd smuanya gelap. Jadi bentuk pulau ma lautnya ga kelihatan. Tapi agak kecewa soalnya pas nyebrang td di tengah laut byk sampah, kata bapaknya seh karena 2 hari kemarin hujan badai. Dan di pulau blom ada listrik, penerangan masih pake genset dan gda signal..

Jadi malam pertama di Kiluan, abis makan malam trz mandi abis ntu gw langsung istirahat "tidur". Soalnya badan gw remuk menempuh perjalanan panjang yg sangat melelahkan.

Besok paginya, jam 6.00 kami dah siap memulai perjalanan dolpin show ke Teluk Kiluannya mo ketemu ma lumba-lumba. Kata si bapak perahunya semakin pagi smakin bagus. Karena biasanya lumba-lumba keluar menampakkan diri kepermukaan di saat matahari terbit dan ombak juga ga terlalu tinggi jd aman untuk berlayar. Perahu yg digunakan jg termasuk kecil bo' ky kano gitu cukup hanya buat ber-4. Bayangin aja berlayar di tengah-tengah Samudra Hindia cm bermodalkan pelampung dgn kapal sekecil itu. Tapi anehnya ombak di sana tergolong tenang. Tapi ngeri jg gw..

Awalnya seh gw blom yakin ma yg namanya teluk lumba-lumba, kirain cm ada di tipi kaya dipelem2 korea ntuh, mgkn jadi cm cerita yg d umbar2 buat narik minat wisatawan biar berkunjung ke Kiluan. Tapi ternyata Ooo..do..do..e..,, astaganagabonarjadidua... segerombolan lumba-lumba ada di depan gw lagi berenang, bukan cm satu tapi ratusan.. Omigod..Omigot..Omigod.. \^o^/

Selain lumba-lumba, pantainya Kiluan juga ajib bgt. Selain viewnya yg mantab surantab, Ombaknya yahud. Pasirnya putih. Karangnya eksotik. Ikannya banyak buat yg doyan mancing. Terumbu karangnya jg bagus kata yg jaga, tp sayangnya peralatan snorkelingnya harus bawa sendiri, blom tersedia di pulau.

Thanks God utk perjalanan kali ini. Thanks to a Kiluan, A Hidden Paradise.. Thanks to dolphins show.. Thanks to my partner Nyi Blowrong, Bundo, Palti, Erik, B'Jo, B'Ariel, K'Tetty Sijabat, Sebina, Adi Aruan, B'Hilton, Tina & B'Jim...
Laen kali kita buka lapak lagi di tempat dan waktu yang berbeda..

"cekiiii...!!!" wuakakakaka....

Hanya dua kata buat trip kali ini "Luar biasa...!!!"